Translate

EnglishIndonesian
September 25, 2022

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

PURWAKATA KEPALA DINAS KEBUDAYAAN PROVINSI BALI

Om Swastyastu,

Puja Pangastuti dihaturkan kehadapan Hyang Widhi Wasa/ Tuhan Yang Maha Esa, atas waranugraha-Nya Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Kebudayaan dalam upaya memberikan wahana dan ruang aktualisasi seni kepada masyarakat/ krama Bali, dapat melaksanakan Program Pengembangan Kesenian Tradisonal, Kegiatan Pembinaan Kesenian yang Masyarakat Pelakunya Lintas Daerah Kabupaten/Kota, Sub Kegiatan Pelindungan, Pengembangan, Pemanfaatan Objek Pemajuan Tradisi Budaya melalui Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV Tahun 2022. PKB merupakan aktualisasasi Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali selaras dengan Undang-undang  Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan serta implementasi  visi Pembangunan Provinsi Bali 2018-2023: Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

PKB XLIV Tahun 2022 sebagai festival seni terbesar di Provinsi Bali bersifat merakyat tetapi bereputasi di tingkat dunia, mengusung tema: Danu Kerthi: Huluning Amreta (Memuliakan Air Sumber Kehidupan), bermakna memuliakan sumber daya air sebagai mula dari segala kehidupan yang menginisiasi tatanan hidup karma Bali guna mewujudkan harmoni semesta sakala-niskala. Melalui eksplorasi tema tersebut diharapkan mampu menyajikan karya-karya seni yang menunjukkan potensi daerah, ciri khas, keunikan yang berlandaskan pada pakem-pakem tradisi, sebagai wahana transformasi nilai-nilai kehidupan, doktrin kehidupan ala Bali untuk mewujudkan Bali sebagai pusat peradaban dunia (Bali Padma Bhuana). Konsep adiluhung ini akan menjadi pemantik kreativitas berbasis tradisi dan memotivasi generasi Bali masa kini untuk selalu mencintai kebudayaan leluhur, membangun karakter, jati diri dan kesejahteraan.

Provinsi Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Wayan Koster dan Wakil Gubernur Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati berkomitmen untuk melanggengkan kejayaan PKB, sehingga PKB XLIV Tahun 2022 merupakan tonggak pelaksanaan PKB Era Baru dengan melakukan adaptasi kebiasaan baru di tengah masa pandemi Covid-19. PKB XLIV Tahun 2022 menyajikan materi: Peed Aya (Pawai virtual), Rekasadana (Pergelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Lomba), Kriyaloka (Workshop/Lokakarya), Kandarupa (Pameran), Widyatula (Sarasehan) dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni). Seluruh sumber daya yang terlibat dalam gelar tahunan ini, mulai dari Tim Kurator, Tim Pembina dan Pengamat, Tim Juri, Tim Kreatif, Tim Stage Manager, Tim Sound dan Tata Lampu, Panitia Penyelenggara, setiap waktu dimonitor proses kerjanya. untuk memastikan kualitas penyelenggaraan PKB XLIV Tahun 2022 berjalan dengan baik.

Harapan besar yang disematkan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, PKB XLIV Tahun 2022 dilakukan dengan  kerja sama semua pihak secara intensif. Untuk itu, ijinkan kami atas nama Panitia Penyelenggara menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama yang sudah terbangun selama ini. Mari kita wujudkan PKB sebagai wahana penguatan dan pemajuan Kebudayaan Bali dengan suka cita dan penuh dedikasi.

Om Santih, Santih, Santih Om

 

KEPALA DINAS,

 

I GEDE ARYA SUGIARTHA

NIP. 19661201 199103 1 003

 

selengkapnya...