Translate

EnglishIndonesian
November 27, 2022

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

Purwakata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali

Om Swastyastu,

Puja Pangastuti Angayubagia, dihaturkan kehadapan Hyang Widhi Wasa/ Tuhan Yang Maha Esa, atas waranugraha-Nya Pemerintah Provinsi Bali kembali mempersembahkan Festival Seni Bali Jani (FSBJ) IV Tahun 2022. FSBJ IV Tahun 2022 merupakan aktualisasi Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali serta implementasi visi Pembangunan Provinsi Bali 2018-2023: Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

FSBJ IV Tahun 2022, diselenggarakan dalam rangka pemajuan seni modern, kontemporer dan karya seni bersifat inovatif dengan mengangkat tema: Jaladhara Sasmita Danu Kerthi: Air Sumber Peradaban, menjadikan air sebagai sumber penciptaan seni dan olah kreatif untuk membangun tatanan peradaban yang adiluhung dan berkesinambungan. FSBJ IV Tahun 2022 mengusung konsep: Eksplorasi: pencapaian seni inovatif berbasis kreativitas pribadi, sementara ide dan subjek eksplorasi tetap berbasis tradisi atau nilai lokal, Eksperimentasi: pencapaian seni modern/kontemporer berbasis kreativitas dan percobaan medium/media, Lintas-batas: pencapaian seni baru berbasis alih media, multi media maupun transmedia, Kontekstual: pencapaian seni baru yang secara tematik, gaya dan style relevan dengan konteks tema dan waktu penyelenggaraan Festival Seni Bali Jani, dan Kolaborasi: proses dan pencapaian seni modern/kontemporer berbasis sinergi dan kerjasama antar seniman Bali atau luar daerah/luar negeri.

FSBJ IV Tahun 2022 menyajikan beragam materi meliputi: Pawimba (Lomba), Adilango (Pergelaran), Utsawa (Parade), Megarupa (Pameran), Aguron-guron (Lokakarya), Timbang Rasa (Serasehan), Beranda Pustaka (Bursa Buku) dan Pameran Kartun serta Bali Jani Nugraha. Sajian materi mengolah secara kreatif ide-ide otentik yang dikontekstualkan dengan fenomena dan dinamika seni terkini, sekaligus sebagai wahana/media dalam mengelaborasi serta mengeksplorasi konsep tematik, estetik, stilistik, teknik artistik dalam keutuhan dan kepaduan menyeluruh.

Kegiatan apresiasi budaya melalui FSBJ IV Tahun 2022 diproyeksikan sebagai ikon festival seni yang mewadahi ekspresi seni modern, kontemporer, dan inovatif berkualitas dan bereputasi tingkat dunia. Seluruh sumber daya yang mendukung mulai dari Tim Kurator, Tim Kreatif, Tim Juri/Tim Penilai, Narasumber, Moderator serta Panitia, solid bergerak bersama untuk memastikan kualitas penyelenggaraan FSBJ IV dapat berkualitas dan maju.

Untuk itu, ijinkan kami menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama yang telah terbangun. Mari bersama-sama berpartisipasi dan mengapresiasi FSBJ IV Tahun 2022 dengan penuh suka cita dalam upaya penguatan dan pemajuan Kebudayaan Bali mewujudkan Bali sebagai Pusat Peradaban Dunia (Bali Padma Bhuana).

Om Santhi, Santhi, Santhi Om

 

 

KEPALA DINAS,

                                                                        

 

 

 

I GEDE ARYA SUGIARTHA

NIP. 19661201 199103 1 003