Translate

EnglishIndonesian
November 27, 2022

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

Sambutan Gubernur Bali

ย 

Om Swastyastu,

Paramabhakti dan pangayubagia kita haturkan kehadapan Hyang Widhi Wasa/Tuhan Hyang Maha Esa, karena Asung Kerta Wara Nugraha-Nya, kita kembali merayakan kebersamaan melalui Festival Seni Bali Jani (FSBJ) IVย  Tahun 2022. Festival Seni Bali Jani (FSBJ) IV 2022 merupakan aktualisasi ย Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali sebagai implementasi visi Pembangunan Provinsi Bali 2018-2023: Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru. FSBJ IV menjadi ruang olah kreatif dan apresiasi seluas-luasnya untuk pemajuan seni modern, kontemporer, dan seni inovatif. Mengangkat tema: Jaladhara Sasmita Danu Kerthi: dimaknai sebagai Air Sumber Peradaban, menjadikan air sebagai sumber penciptaan seni dan olah kreatif untuk membangun tatanan peradaban yang adiluhung dan berkesinambungan.

Penyelenggaraan FSBJ IV Tahun 2022 merupakan tonggak kebangkitan seni modern kontemporer yang mencerminkan tekad dan upaya sungguh-sungguh Pemerintah Provinsi Bali untuk menjaga elan kreatif masyarakat Bali agar melahirkan karya-karya seni berkualitas dan bereputasi tingkat dunia. Sajian materi FSBJ IV Tahun 2022 terdiri atas Pawimba (Lomba), Adilango (Pergelaran), Utsawa (Parade), Megarupa (Pameran), Aguron-guron (Lokakarya) Timbang Rasa (Sarasehan), Beranda Pustaka (Bursa Buku) dan Pameran Kartun, serta Bali Jani Nugraha.

FSBJ IV Tahun 2022 menjadi ajang bergengsi bagi para seniman dan kreator lintas bidang serta lintas generasi untuk menyajikan capaian prestasi dan buah cipta mumpuni dari bidang-bidang seni yang telah ditekuni dengan sungguh-sungguh serta penuh dedikasi. Merespon tema secara kreatif untuk mempersembahkan karya-karya yang indah sekaligus juga menjadi momentum penyampaian pesan kepedulian dan seruan kesadaran terhadap pelestarian lingkungan.

Hal ini selaras dengan nilai-nilai kearifan lokal (local wisdom) yang diwariskan leluhur, yakni ajaran Sad Kerthi, khususnya dalam mengimplementasikan ajaran Danu Kerthi untuk mewujudkan keharmonisasi dan tatanan kehidupan Gumi dan Krama Bali yang bahagia sejahtera Sakala-Niskala.

Pada kesempatan yang baik ini, saya mengundang Krama Bali untuk menyaksikan dan mengapresiasi Festival Seni Bali Jani (FSBJ) IV Tahun 2022 dengan antusias dan penuh suka cita, demi menjaga dinamika kemajuan Kebudayaan Bali yang kita cintai bersama.

 

Om Santhi Santhi Santhi Om

ย 

GUBERNUR BALI,

 

WAYAN KOSTER