Translate

May 24, 2024

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

Peluncuran Ceraken Kebudayaan pada Hari Tresna Asih Dresta Bali

Pangkalan data Kebudayaan Berbasis digital yang dinamai Ceraken Kebudayaan Bali diluncurkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster bersamaan dengan peringatan hari Tumpek Krulut sebagai hari Tresna Asih Dresta Bali Sabtu (18/2). Alamat website www.ceraken.baliprov.go.id, Ceraken Kebudayaan Bali secara resmi diluncurkan dengan ditandai penancapan kayonan oleh Gubernur Bali Wayan Koster

Dalam Ceraken Kebudayaan Bali, masyarakat dapat mengeksplorasi berbagai objek penguatan dan pemajuan kebudayaan Bali mulai dari kearifan lokal, benda sakral, ritus, situs, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, olahraga tradisional, permainan rakyat, manuskrip, pengobatan tradisional, aksara dan bahasa, seni, busana, hingga makanan tradisional Bali.

Dilaksanakan di Panggung Terbuka Ardha Candra yang dimeriahkan oleh para penyanyi pop bali seperti Yong sagita, ayu saraswati, ary kencana, eka jaya dan jegeg bulan. Pada kesempatan itu pula Gubernur Wayan Koster juga menyerahkan penghargaan kepada para siswa-siswi berprestasi mulai dari jenjang SD hingga Perguruan tinggi. Dilanjutkan dengan bertukar kado yang diawali Gubernur Koster kepada istri Ny Putri Suastini Koster, diikuti pejabat lainnya dan seluruh undangan.