Translate

May 24, 2024

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

UPTD. MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT BALI : JAGRA SANGARA BUMI OLEH SANGGAR SENI TARI & TABUH BATAN NYUH

“JAGRA SANGARA BUMI” dalam karya ini lebih dimaknai sebagai upaya perjuangan masyarakat melalaui karya seni local dalam menghadapi situsasi dan kondisi di tengah – tengah bahayanya penyebaran Covid-19. Begitu gencarnya Pemerintah membuat aturan, mengedukasi, menghimbau, dan memberikan sosialisai akan pentingnya menuruti protocol kesehatan dalamn menghadapi bahayanya virus corona. Namun masih ada masyarakat yang tidak mengikuti protocol kesehatan tersebut.

Sehubungan dengan hal itu, kami sanggar seni & tari Batan Nyuh mencoba membuat karya pertunjukan seni berbasis virtual dengan mengangkat cerita seperti perjuangan I Gusti Ketut Djlantik yang memperjuangkan daerah bali utara terutama benteng jagaraga yang dikenal sebagai benteng Supit Urang. Dengan merasa keamanan dan kenyamanan daerah Bali utara khusunya desa jagara yang terganggu atas ancaman dari para penjajah yang ingin menguasai wilayah Bali utara, maka tercetuslah niat yang luhur dan suci dari pimpinan pasukan perang yakni Patih Djelantik dan Jero Jempiring untuk mengusir para penjajah dari Bumi persada Bali utara demi mencapai kemerdekaan dalam mewujudkan sad kerti lokha bali.

Makna yang dapatn dipetik dari cerita ini dalam hubungannya dengan penanggulangan Covid-19 adalah bahwa kita sebagai masyarakat dalam berjuang melawan penjajah disimbolisjkan dengan kita bersama-sama berjuang melawan virus yang datangnya dari Negara lain dengan cara mengikuti himbauan pemerintah dan mengikuti protocol kesehatan agar Negara kita aman terkendari bebas dari penyakit sehingga situasi dan kondisi kembali normal.

Covid -19 hanya dapat dikalahkan bilamana masyarakat dapat berprilaku yaitu :

  1. Selalu bersikap tenag dan sabar, tidak panic
  2. Konsekuan terhadap kebenaran, jujur danj iklas
  3. Selalu mengikuti pola hidup bersih skala dan niskala

Demikian initi cerita karya seni pertunjukan virtual oleh Sangagr Seni Tari dan Tabuh Batan Nyuh dengan pola garapan Pragmen Tari, semoga bermanfaat.