Translate

June 17, 2024

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

Timbang Rasa (Sarasehan) Festival Seni Bali Jani III Tahun 2021 Seni Sebagai Seruan Kesadaran: Harmoni Diri dan Bumi

Pandemi sejagat ini bukan hanya mengubah pola sosial kehidupan sehari-hari masyarakat, melainkan juga menuntut kesigapan beradaptasi atas perubahan-perubahan mendasar yang terjadi. Rundungan virus Covid-19 yang berkepanjangan serta diberlakukannya pembatasan sosial (social distancing) dan disiplin Prokes, memicu pula rekahnya kesadaran baru tentang bagaimana seharusnya menjalani kehidupan kini dan mendatang, termasuk upaya menjaga elan kreatif penciptaan dalam bidang kesenian agar tetap survive.

Kedua narasumber, Prof. Dr. Ngurah Mahardika dan dr. Dewa Putu Sahadewa berlatar akademisi yang tekun, memiliki pengalaman penciptaan sedini muda sebagai penyair. Ngurah Mahardika kini sohor sebagai ahli virus mumpuni dan Dewa Putu Sahadewa pegiat seni budaya yang sukses mengelola institusi kesehatan atau rumah sakit.

Keduanya akan berbagi pandangan perihal seni yang tidak semata mengungkapkan keindahan, melainkan juga momentum menyampaikan pesan kepedulian dan seruan kesadaran terhadap kelestarian lingkungan, selaras sub tema Festival Seni Bali Jani III Tahun 2021 Harmoni Diri dan Bumi. Seturut itu pula, bagaimanakah tanggapan mereka terhadap mulai dibukanya secara bertahap ruang-ruang publik untuk kegiatan sosial kultural? Bagaimana pandangan mereka atas Festival Seni Bali Jani yang diharapkan dapat meneguhkan optimisme dan daya hidup masyarakat di tengah pandemi yang masih berlangsung ini?

Daftar : http://cutt.ly/sarasehan-3

Acara Luring berlangsung di Lantai Bawah Gedung Ksirarnawa, peserta terbatas. Sedangkan Daring,  melalui Zoom Webinar, peserta maksimal 300 orang.

Suksma, terima kasih