Translate

December 2, 2023

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

UPTD. TAMAN BUDAYA : JEJAK GARIS OLEH PERKUMPULAN PERUPA TABANAN MAHARUPA BATUKARU

Merespon surat pemerintah provinsi Bali untuk mengadakan event berbasis virtual, kami perkumpulan perupa tabanan “Maharupa Batukaru” mencoba membuat gerakan kreatif dalam bentuk video. Tidak terlepas dari konsep pemerintah yaitu “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, yang mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia sekala-niskala, kami perkumpulan perupa Tabanan mencoba merespon konsep dasar dari pemerintah tersebut kedalam bentuk karya virtual. Melihat Tabanan yang memiliki banyak situs yang belum terekspose, kami perupa Tabanan akan mengadakan aktifitas drawing bersama untuk mencatat beberapa situs penting Tabanan yang diabadikan lewat garis visual.

Situs etnik tabanan memang sangat perlu diekspose. Melihat potensi besar yang dapat dimanfaatkan dalam kancah pariwisata. Pengenalan situs ini sangat penting untuk kemajuan pariwisata Bali. Apalagi Bali pasca pandemic akan memerlukan kekuatan yang lebih besar untuk bangkit lagi. Upaya pelestarian ini akan membantu sedikit tidaknya sebagai informasi juga perkembangan wisata-wisata Bali lainnya.

Kami berharap perhelatan seni ini bisa menjadi sebuah catatan penting untuk menandai situs-situs unik dan belum terjamah yang berada di daerah Tabanan. Sehingga menjadi pengetahuan umum bagi masyarakat dan penikmat wisata Bali.

Tidak lupa juga kami perkumpulan perupa tabanan mengucapkan terima kasih kepada Taman Budaya Provinsi Bali yang telah mengapresiasi dan memvasilitasi Perkumpulan Perupa Tabanan pada khususnya dan komunitas-komunitas seni yang ada di Bali pada umumnya.