Translate

June 13, 2024

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

UPTD. TAMAN BUDAYA : ART CENTER OLEH KOMUNITAS MURAL BALI

Art Center merupakan salah satu tempat sebagai pusat kesenian di Bali yang mengutamakan budaya Bali sebagai pedoman dalam setiap aktifas berkesenian, baik dalam pementasan kesenian maupun mengembangkan bakat bakat seni yang dimiliki oleh seniman Bali. Konsistensi masyarakat Bali dalam melakukan aktifitas berkesenian di area Art Center membuat tempat tersebut layak dikatakan sebagai rumah kedua bagi seniman-seniman Bali.

Melihat serta merasakan fenomena tersebut Komunitas Mural Bali memiliki ide menciptakan karya seni lukis dengan media dinding atau yang biasa disebut mural berjudul “Art Center”. Tujuan diciptakan karya tersebut yaitu untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat yang lebih luas bahwa Bali memiliki tempat berkesenian yang sudah dianggap seperti layaknya rumah sendiri.

Di dalam karya tersebut terdapat candi panggung terbuka Arda Chandra mewakili bangunan fisik yang kami simbolkan sebagai “Art Center”. Adanya penari legong, barong dan dalang yang sedang memainkan wayang untuk memberi kesan aktifitas berkesenian. Untuk memperindah tampilan karya yang juga merupakan karakter Mural Bali, kami menambahkan beberapa tumbuhan tropis.

Dalam unsur seni rupa kami lebih fokus pada bentuk dan warna. Pada bagian bentuk, kami menekankan bentuk nyata dari setiap icon agar bisa lebih di terima oleh masyarakat yang awam akan seni. Pada unsur warna kami memilih warna beragam dengan memadukan sifat warna yang berdekatan dengan warna kontras pada latar belakang karya, monokromatik pada beberapa bagian icon, dan juga warna asli pada beberapa bagian di dalam karya tersebut dengan tujuan agar terlihat lebih menarik.