Translate

May 24, 2024

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

Timbang Rasa (Sarasehan) Festival Seni Bali Jani III Tahun 2021 Seni Rupa Pertunjukan: Kreativitas Lintas Batas

Seni Rupa Pertunjukan atau Performing Art bukanlah hal baru, namun terbukti tetap menjadi pilihan ekspresi banyak seniman lintas negeri, termasuk Indonesia dan juga Bali. Nyoman Erawan misalnya, sudah puluhan tahun melakoni dan menjadikannya bagian elan kreatif penciptaannya.

Seiring dinamika seni kontemporer dunia, Seni Rupa Pertunjukan dalam  penampilannya melibatkan berbagai unsur seni panggung, seni rupa, dan olah gerak atau sebuah kreativitas lintas batas. Hal ini mengingatkan kita pada berbagai ritual masyarakat Bali yang semarak dan kaya dengan beragam ornamentik, juga tak lepas dari unsur-unsur seni pertunjukan yang elok dan otentik sebagai sarana persembahan kepada leluhur, maupun Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Indah.

Bagaimanakah kedua narasumber ini, perupa mumpuni Melati Suryodarmo dan I Wayan Sujana ‘Suklu’ dalam menimbang kekayaan seni-seni tradisi nusantara, termasuk Bali, sebagai sumber ilham atau unsur-unsur yang mewarnai penciptaan seni modern kontemporer? Sebagai seniman bereputasi internasional, keduanya akan menelisik keberadaan Performing Art seturut ciri-ciri dan kedekatan presentasinya dengan ragam seni pertunjukan tradisional, yakni mengedepankan kespontanan dan keseketikaan dalam meraih momentum puncak ekspresinya.

Daftar : cutt.ly/sarasehan-7

Acara Luring berlangsung di Lantai Bawah Gedung Ksirarnawa, peserta terbatas. Sedangkan Daring,  melalui Zoom Webinar, peserta maksimal 300 orang.

Suksma, terima kasih