Translate

May 24, 2024

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

Timbang Rasa (Sarasehan) Festival Seni Bali Jani III Tahun 2021 Ragam Tematik Puisi Modern Bali: Upaya Eksplorasi dan Inovasi

Dua penyair lintas generasi ini, Nyoman Wirata (68) dan Wayan”Jengki” Sunarta (46), tidak hanya akan berbicara soal proses kreatif, melainkan juga tema-tema puisi mereka selama ini. Keduanya adalah peraih Penghargaan Bali Jani Nugraha 2020, dan belum lama ini meluncurkan buku kumpulan puisi, masing-masing bertajuk “Destinasi” (Penerbit Mahima) karya Nyoman Wirata dan “Jumantara” (Pustaka Ekspresi) buah cipta Wayan “Jengki” Sunarta.

Apakah tema puisi-puisi terkini mereka ini mencerminkan transformasi sosial kultural masyarakat Bali, dari agraris yang komunal, guyub, dan hangat, beralih menjadi modern, dengan kecenderungan yang lebih individual? Apakah puisi-puisi mereka masih bicara tentang pedusunan di Bali yang tentram harmoni, atau justru sebaliknya; lebih mengeksplorasi kehidupan masyarakat urban perkotaan dengan riuh gaduhnya yang terlanda pariwisata?

Bagaimanakah percepatan perubahan yang diakibatkan kemajuan teknologi informasi membayang-bayangi proses cipta mereka, yang tidak lagi sepenuhnya bisa soliter tersebab tipisnya batas antara ruang publik dan pribadi? Bagaimana tanggapan mereka tentang tema-tema yang diangkat oleh penyair Bali lainnya, juga bahasan serupa tertaut karya penyair luar pulau ini. Sejauh apakah eksplorasi dan inovasi yang mengemuka seturut upaya meraih capaian estetik maupun stilistik yang otentik?

Daftar : cutt.ly/sarasehan-2

Acara Luring berlangsung di Lantai Bawah Gedung Ksirarnawa, peserta terbatas. Sedangkan Daring,  melalui Zoom Webinar, peserta maksimal 300 orang.

Suksma, terima kasih