Tue. Nov 12th, 2019

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

Tampil Semarak, Pramusti Bali Gugah Kaum Milenial Bali

Hibur dan sampaikan pesan. Persatuan artis, Musisi, Pencipta Lagu dan Insan Seni (Pramusti) Bali tampil penuh kreatif dihadapan pengunjung Festival Seni Bali Jani .Para musisi, mulai musisi yang lawas hingga musisi masa kini, masing-masing memiliki cara tuk mengupas  tema festival Hulu-Teben. “Kami, para artis Bali memang serius tampil dalam ajang fetival seni bali jani ini,” kata Ketua Pramusti Bali IGN ‘Rahman’ Murthana disela-sela penampilannya, Minggu (3/11).

Para artis Bali yang ikut memggebrak Kalangan Madya Mandala,  Taman Budaya Provinsi Bali itu, diantaranya  Ketut Bimbo yang sedang sakit namun niatnya untuk tampil cukup besar, ada Ayu Saraswati, Deama, dan Rah Two {XXX}. Jika dihitung detail ada Total 50 musisi Bali yang tampil memeriahkan festival yang mengedepankan kekinian ini,” paparnya.

Walau demikian, para musisi Bali di masa kini juga unjuk kebolehan membawakan lagu –lagu andalanya. Hal itu, seakan menegaskan bahwa para musisi ini menyesesuaikan dengan tema Bali Jani Hulu-Teben, Dialektika global – teben.  “Para artis ini menampilkan lagu – lagu Bali yamg tetap berkontribusi memajukan budaya di masa mendatang,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Ayu Saraswati,  dimana ajang Bali Jani sebagai media ruang kreatif kontemporer menempatkan seni di Bali dalam dua pagelaran besar, yaitu pesta kesenian bali (PKB) yang khusus menampilkan tradisi dan Bali Jani menyajikan kesenian modern. “Kami menyambut baik kegiatan Bali Jani, sebagai ruang kreatif berkesenian untuk ranah seni modern, “ kata Ayu yang membawakan lagu-lagunya yang treend ditahun 1997.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *