Translate

April 21, 2024

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

UPTD. TAMAN BUDAYA : SENI URBAN – DOODLE ART OLEH SANGGAR SENI KALPASASTRA

Doodle Art atau seni mencorat coret kian populer khususnya bagi generasi milenial dalam kurun waktu belakangan ini. Tidak seperti seni rupa pada umumnya, Doodle Art lebih mengetengahkan gambar dalam bentuk-bentuk imaginatif dan beragam, biasanya bersifat abstrak namun ada pula yang dibuat demikian rapi dengan warna-warni yang cerah. Banyak kreator menjadikan bidang seni ini sebagai ruang ekspresi dan menjadi fenomena seni urban tersendiri.

Dalam perkembangannya, telah terdapat sejumlah komunitas yang mewadahi para penekun Doodle Art di berbagai kota di Indonesia. Aneka kreasi Doodle Art dapat digunakan sebagai motif desain fashion, motif tas, kemasan produk, animasi semisal yang Doodle yang dimunculkan oleh search engine ternama pada laman pencariannya, dan masih banyak lainnya.

Peragaan seni virtual kali menghadirkan artwork Doodle Art dalam merespon tema Kerthi Werdhi Budaya, apresiasi Taman Budaya Provinsi Bali (Art Center) sebagai inspirasi pembuatan karya serta wawancara proses kreatif para kreator Doodle Art di Bali. Dihadirkan pula pandangan dari pengamat/ kritikus seni rupa tentang fenomena Seni Urban secara umum di Indonesia dan Bali pada khususnya.