Translate

April 21, 2024

Dinas Kebudayaan

Mari Lestarikan Tradisi & Kebudayaan Bali

PELAKSANAAN LOMBA OGOH-OGOH SE-BALI TAHUN 2023

Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Kebudayaan Provinsi Bali kembali menyelenggarakan Lomba Ogoh-ogoh Tahun 2023. Lomba Ogoh-ogoh Tahun 2023 ini merupakan Implementasi Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Pendaftaran lomba Ogoh-ogoh se-bali tahun 2023 dapat diikuti oleh seluruh Sekaa Truna/Yowana se-Bali yang pendaftaran di mulai dari tanggal 5 Februari sampai dengan 22 Februari 2023 secara online dan Ogoh-ogoh yang dilombakan adalah Ogoh-ogoh yang dibuat dalam rangka perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1945. Lomba Ogoh-Ogoh Se-Bali Tahun 2023 diikuti sebanyak 715 peserta dari seluruh kecamatan yang ada di Bali kecuali Kecamatan Banjarangkan.

Penilaian Lomba Ogoh-ogoh dilaksanakan di tempat tanpa parade. Setiap Kecamatan melalui keputusan Tim Juri Kecamatan menetapkan 3 (tiga) ogoh-ogoh sebagai nominasi untuk mengikuti lomba tingkat Kota/Kabupaten. Setiap Kota/Kabupaten menetapkan 3 (tiga) ogoh-ogoh melalui keputusan Tim Juri Kabupaten/Kota menetapkan 3 (tiga) ogoh-ogoh untuk Predikat Terbaik I, II, dan III.

Untuk ketentuan khusus Ogoh-ogoh 2023 dalam penilaian Ogoh-ogoh yang dilombakan yaitu Ogoh-ogoh yang dibuat dalam rangka memeriahkan perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1945 (Tahun Masehi 2023). Ogoh-ogoh terbuat dari bahan-bahan alam ramah lingkungan (tidak diperbolehkan menggunakan sterofoam, spon, dan plastik sekali pakai), Tinggi minimal Ogoh-ogoh 3 (tiga) meter, maksimal 5 (lima) meter diukur dari atas alas (beti/kotak). Bentuk ogoh-ogoh bercirikan tradisi Hindu Bali dengan tidak menampilkan unsur Politik, SARA, dan Pornografi. Wujud ogoh-ogoh dapat berupa Santa Rupa (figur Dewa) atau Rudra Rupa (figur Raksasa). Narasi/sinopsis ogoh-ogoh dipajang pada saat penilaian. Dan keputusan Tim Juri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Para tim juri kecamatan di masing-masing kota/kabupaten melaksanakan penilaian tingkat kecamatan pada tanggal 1 sampai dengan 10 Maret 2023, dan menentukan 3 nominasi terbaik masing masing kecamatan, selanjutnya akan dilombakan di tingkat Kota/Kabupaten. Pada di tingkat Kota/Kabupaten tim juri melaksanakan penilaian yang dilaksanakan dari tanggal 13 sampai dengan 20 maret 2023 untuk menentukan predikat terbaik I, II, III tingkat kota/kabupaten.

Penilaian yang dilakukan oleh tim juri dari seluruh kecamatan dan tim juri kota/kabupaten pada perlombaan Ogoh-ogoh se-Bali pada tahun 2023 yaitu yang pertama unsur penilaian estetika (Sundaram) yang memiliki unsur tema yang diusung, bahan yang ramah lingkungan, kreatifitas, Teknik kontruksi, anatomi, dan ekspresi dari karya Ogoh-ogoh yang dibuat. Etika (siwam) yang menggunakan aksesoris yang baik dari segi busana, gelungan, pepayasan, dan yang lainnya., Religius (satyam) yang memiliki sumber sastra dan nilai-nilai agama Hindu.

Hadiah 9 (sembilan) Terbaik pertama tingkat Kota/Kabupaten se-Bali masing-masing memperoleh hadiah uang sebesar Rp.50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) dan piagam penghargaan. Hadiah 9 (Sembilan) terbaik kedua tingkat Kota/Kabupaten se-Bali masing-masing memperoleh hadiah uang sebesar Rp. 35.000.000,- ( tiga puluh lima juta rupiah) dan piagam penghargaan. Dan hadiah 9 (Sembilan) terbaik ketiga tingkat Kota/Kabupaten se-Bali masing-masing memperoleh hadiah uang sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) dan piagam penghargaan.

Hadiah selanjutnya pada nominasi tiga besar terbaik tingkat kecamatan yaitu 144 (seratus empat puluh empat) Nominasi terbaik tingkat Kecamatan se-Bali yang tidak mendapat Juara I, II, dan III tingkat Kota/Kabupaten masing-masing memperoleh hadiah uang sebesar Rp 5.000.000,- (lima juta rupiah) dan piagam penghargaan. Hadiah yang didapatkan  pemenang perlombaaan dikenakan Pajak PPh sesuai ketentuan yang berlaku. Dan pemberian hadiah berdasarkan Berita Acara Penilaian Lomba yang ditandatangani oleh Tim Juri.

Pemenang Ogoh-ogoh se-Bali pada tanggal 23 Maret 2023 melalui kanal resmi pemerintah provinsi bali berdasarkan hasil rapat pleno tim juri masing masing Kota/Kabupaten melalui berita acara pemenang lomba Ogoh-ogoh se-Bali 2023 yang dituangkan dalam surat keputusan Gubernur Bali nomor 369/03-J/HK/2023 tentang Pemenang Lomba Ogoh-ogoh se-Bali Tahun 2023 tanggal 20 Maret 2023. Adapun pemenang masing-masing Kota/Kabupaten sebagai berikut :