Ruang Lingkup Dinas Kebudayaan

Kamis, 28 Juli 2016

RUANG LINGKUP KEGIATAN INAS KEBUDAYAAN PROVINSI BALI

Berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah, Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Adalah Melaksanakan Sebagian Urusan Daerah Di Bidang Kebudayaan. Sedangkan Rincian Tugas Pokok Dan Fungsinya Ditentukan Dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor Nomor 77 Tahun 2011. Pada Dasarnya Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Dinas Kebudayaan Adalah Melakukan Pembinaan Dan Pengembangan Bidang-bidang Kebudayaan.

A. Sekretariat
Melaksanaan Pelayanan Administratif Kesekretariatan Dinas Yang Meliputi Administrasi Umum Dan Kepegawaian Serta Keuangan Dan Program Dinas, Pengkoordinasian Penyelenggaraan Tugas-tugas Bidang Serta Melakukan Pembinaan, Monitoring, Evaluasi, Pelaporan Dan Pengendalian Kegiatan Kesekretariatan Dinas.

B. Bidang Kesenian dan Film
Melaksanakan Pembinaan, Pemantauan, Pementasan, Penghargaan dan Rekomendasi Yang Sudah Ada Seperti Sekaa-sekaa kesenian, Sanggar, yang ada di Bali serta menerbitkan rekomendasi dan melakukan pengawasan shooting film. Melaksanakan peningkatan apresiasi seni tradisional dan modern serta repitalisasi dan kajian seni tingkat Provinsi

C. Bidang Nilai-Nilai Budaya
Melakukan pembinaan, advokasi lembaga Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan lembaga adat (Desa Pakraman, Subak, dan Subak Abian) serta melakukan peningkatan kemitraan dengan berbagai pihak lembaga adat terkait dan masyarakat.

D. Bidang Sejarah dan Purbakala
Melaksanakan inventarisasi pengembangan terhadap sarana warisan budaya, sejarah dan purbakala, menyelenggarakan diklat di bidang sejarah dan benda peninggalan bawah air, memberikan penghargaan tokoh yang berjasa di bidang pemetaan sejarah dan pengembangan sejarah, data base serta sistem informasi geografi sejarah, melaksanakan upaya perlindungan, pemeliharaan dan pemanfaatan Benda Cagar Budaya (BCB), Warisan Benda Budaya(WBB) dan Warisan Budaya Dunia (WBD), memberikan rekomendasi atas penggunaan/pemanfaatan warisan budaya.

E. Bidang Dokumentasi Kebudayaan
Melakukan penginventarisasian, pengkajian, pengembangan, mempublikasian, pendokumentasian, segala aset dalam bentuk dokumentasi budaya Bali, pemeliharaan dan perawatan dokumentasi budaya Bali, pengelolaan perpustakaan secara efektif.