Lomba Logo Festival Seni Bali Jani

Senin, 28 Januari 2019

KRITERIA LOMBA DESAIN LOGO FESTIVAL SENI BALI JANI

I.       Latar Belakang

Festival Seni Bali Jani (FSBJ) merupakan gelar seni multi facet yang mewadahi karya cipta seni berbasis inovasi, eksperimentasi, lintas batas, kontekstual, kolaborasi dan Novelty. Secara simplisit FSBJ menjadi ruang aktualisasi dalam ragam pertunjukan, pameran, lomba, diskusi, dan workshop seni modern maupun kontemporer.

Festival ini merupakan manifestasi Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, dalamupaya pemajuan kebudayaan. Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” diimplementasi dengan pembangunan tata kehidupan Krama Bali berlandasan Sad Kerthi: Atma Kerthi, Wana Kerthi, Danu Kerthi, Segara Kerthi, Jana Kerthi, dan Jagad Kerthi.

Konsep Sad Kerthi (enam sumber kebahagiaan), dalam Festival Seni Bali Jani diterjemahkan ke dalam enam konsep kreativitas unggul:

1.     Novelty: pencapaian dan kebaruan.

2.     Eksplorasi: pencapaian seni inovatif berbasis kreativitas, sementara ide dan subjek tetap berbasis tradisi dan nilai lokal.

3.     Eksperimentasi: pencapaian seni modern/kontemporer berbasis kreativitas dan percobaan medium/media.

4.     Lintas-Batas: pencapaian seni baru berbasis alih media, multi media, maupun transmedia.

5.     Kontekstual: pencapaian seni baru yang secara tematik relevan dengan konteks waktu.

6.     Kolaborasi: proses dan pencapaian seni modern/kontemporer berbasis sinergi dan kerjasama antar seniman Bali atau luar daerah/luar negeri.

Dalam menguatkan keberadaan Festival Seni Bali Jani, dibutuhkan satu identitas  dalam wujud logo Festival, yang merepresentasikan enam konsep kreativitas yang memayungi FSBJ ini. Logo merupakan suatu bentuk gambar dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, perkumpulan, produk, negara, dan hal-hal lainnya yang dianggap membutuhkan hal yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti.

Dalam hal ini diperlukan identitas visual  (gambar serta tulisan) sebagai wajah dari festival Bali Jani. Sehingga diharapkan melalui lomba desain logo, terwujud sebuah logo yang mampu memberikan citra positif, bermakna dan efektif sebagai sebuah identitas Festival Seni Bali Jani.

II.            KETENTUAN ISI LOGO

a.  Menggunakan warna maksimal 6 warna (Merah, Kuning, Biru, Hijau, Hitam, dan

Putih)  yang mencerminkan visi misi logo.

b.  Logo harus menarik perhatian, informatif, komunikatif, surprise, dan persuasif serta­mudah dipahami.

c.  Logo dibuat dalam bentuk penggabungan logogram dan logotype.

III.           SYARAT DAN KETENTUAN PESERTA

1.         Lomba bersifat perorangan.

2.         Peserta bersedia mengikuti rangkaian acara dan prosedur kompetisi.

3.         Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu desain logo.

4.         Deskripsi karya dibuat terpisah dalam kertas HVS denganukuran A4 250 kata.

5.         Teknis dan gaya visualisasi bebas sesuai dengan kebutuhan desain logo, buatan sendiri, bukan tiruan/jiplakan dan tidak melanggar karya ciptaan orang lain.

6.         Peserta wajib melampirkan surat pernyataan yang menjelaskan bahwa desain logoyang dilombakan adalah karya sendiri, belum pernah di publikasikan dan belum pernah dilombakan sebelumnya dan dilengkapi dengan materai 6000. (format terlampir).

7.         Melampirkan identitas diri, nama lengkap, alamat, pekerjaan, nomor HP/telepon, alamat email, dan fotocopy KTM/KTP atau identitas lainnya.

8.         Identitas ditempel dibelakang karya desain logo.

9.         Setiap desain logo yang dikumpulkan menjadi milik panitia penyelenggara.

10.      Jika memang dipandang perlu, panitia berhak melakukan penyempurnaan terhadap desain logo yang terpilih sebagai pemenang.

11.      Panitia berhak membatalkan desain logo Pemenang yg terbukti melanggar hak cipta.

IV.          TEKNIK PENGUMPULAN DESAIN

1.     Hasil Karya Desain Logo Festival Seni Bali Jani, dicetak dalam ukuran kertas A4 ditempel pada karton tebal dan dikumpulkan beserta softcopy atau CD/DVD dalam format CDR, PSD, JPEG, atau PDF.

2.     Semua berkas dimasukkan dalam map cokelat dan di lem, diserahkan kepada panitia di Dinas Kebudayaan Provinsi Bali dengan alamat  Jalan Ir. Juanda No 1,Niti Mandala Renon, Denpasar, Telepon : (0361) 245297, Soft Copy bisa dikirim via Email dengan alamat email : trinawindu.dkv.dps@gmail.com, sedangkan Hard Copy harus disampaikan ke Panitia sesuai dengan ketentuan, paling lambat tanggal 28 Pebruari 2019.

V.           LAIN – LAIN

1.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

2.     Bagi pemenang lomba  terbaik akan diberikan hadiah berupa piala, piagam dan hadiah uang sebesar Rp. 5.000.000,-

3.     Semua peserta lomba yang mengirimkan karya akan mendapatkan piagam.

VI.          PENUTUP

            Demikian Kriteria ini dibuat, untuk dijadikan pedoman dalam Lomba Desain Logo Festival Bali Jani.